KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Main Authors: Nurhusain, Muhammad; STKIP YPUP Makassar, Nurhaeni, Nurhaeni; STKIP YPUP Makassar
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2016
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/364
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/364/324
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat komparatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata Makassar yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa yang kemudian dipilih sebagai sampel penuh karena ukuran populasinya kecil. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel acak (random sampling) untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang berbentuk essay pada kedua kelompok. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) adalah sebesar 76,50 dengan standar deviasi 11,376 berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Langsung adalah sebesar 64,68 dengan standar deviasi 13,633 berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), Pembelajaran langsung, Hasil