PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LESSON STUDY PADA SISWA KELAS VIII.C SMPN 12 PALOPO
Main Authors: | Ma'rufi, Ma'rufi; Universitas Cokroaminoto Palopo, Adeliasari, Riska; SMP Negeri 12 Palopo |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Cokroaminoto Palopo
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1196 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VIII.C SMP Negeri 12 Palopo dengan tahap pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi, serta refleksi yang keseluruhannya merupakan suatu siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa pada satu kelas yaitu kelas VIII.C sebanyak 22 siswa, dan peneliti merupakan guru di SMPN 12 Palopo berkolaborasi dengan dosen program studi pendidikan matematika universitas cokroaminoto palopo. Hasil penelitian menunjukkan (1) pendekatan kontekstual berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.C SMP Negeri 12 Palopo pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. (2) Pendekatan kontekstual berbasis lesson study dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa serta meningkatkan keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat. (3) Hampir semua siswa memberi tanggapan positif terhadap model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lesson study. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran Matematika, Pendekatan Kontekstual, Lesson Study