PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

Main Author: Basir, Fahrul; Universitas Cokroaminoto Palopo
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2019
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1195
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1195/1021
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian eksperimen,Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran kooperatiftipe jigsaw II dan pembelajaran konvensional. Satuaneksperimenseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo ditentukan dengan pourposive sampling, sehingga terpilihlah kelas VIII.8 kontrol diajar denganpembelajarankonvensionaldan kelas VIII.9 eksperimen diajar dengan model kooperatiftipe Jigsaw II. Instrumen penelitiannya adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.Data yang diperoleh yaitu data kemampuan pemecahan masalah dandata keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan statistika Deskriptif dan statistiki nferensial. Hasil analisis statistika deskriptif kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas nilai pretest 42,61 posttest 88,61 gain 0,79. Sedangkan kelas kontrol nilai pretest39,89 posstest 78,85 gain 0,65. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajar dengan model kooperatiftipe Jigsaw II. Analisis statistikain ferensial menunjukkan terdapat perbedaan pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Berdasarkan criteria pengaruh dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pada model kooperatif tipe jigsaw II terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo. Kata-kata kunci :Jigsaw II dan pemecahan masalah