PENGGUNAAN MEDIA DADU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MENTARI KOTA SURABAYA

Main Author: Suminten, 05115006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.narotama.ac.id/751/1/Fulltext%20Watermark.pdf
http://repository.narotama.ac.id/751/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian berawal dari pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di kelas, yakni kegiatan belajar mengajar di PPT Mentari Surabaya, pada bidang pengembangan kognitif, khususnya pada materi pengembangan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 masih belum optimal, yang dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan media papan tulis dan lembar kerja anak atau buku kegiatan anak saja, hal ini menyebabkan rendahnya ketertarikan anak untuk belajar dan membosankan anak, teridentifikasi dari analisis hasil pengamatan studi awal yang menunjukkan 30% dari 10 anak yang hadir atau hanya sekitar 3 anak yang mampu membilang benda sampai hitungan 10 dengan tepat. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis berupaya menemukan solusi pemecahan masalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didukung dengan melalui penerapan media dadu bergambar, tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut, menjelaskan efektivitas media dadu bergambar benda-benda langit dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik kelompok B PPT Mentari Surabaya. Dari penelitian yang dilakukan terdapat peningkatan ketuntasan belajar anak dari siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Penggunaan dadu bergambar mampu meningkatkan kemampuan anak terhadap materi ajar, yang meliputi: 1) memasangkan benda benda sesuai pasangannya, 2) menunjuk benda ke dalam kelompok yang sama, 3) membilang atau menyebut urutan bilangan 1-10, 4) membilang dengan menunjuk benda sampai 10. Kata Kunci: Media dadu, bergambar, kemampuan, kognitif