IMPLEMENTASI KETELADANAN TOKOH WAYANG GATUTKACA UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KEPEMIMPINAN PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN
Main Author: | RULY RATNANINGSIH, 05115010 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.narotama.ac.id/748/1/Fulltext%20Watermark.pdf http://repository.narotama.ac.id/748/ |
Daftar Isi:
- Karakter kepemimpinan penting dimiliki oleh anak usia dini 3-6 tahun dalam proses tumbuh kembang. Di kelas B PPT Puspa Indah diketahui 15 anak memiliki skor nilai kepemimpinan yang meliputi keberanian, tanggung jawab dan kerjasama dalam kelompok tidak lebih dari 50%.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkata nilai kepemimpinan anak melalui implementasi keteladanan tokoh wayang Gatutkaca. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dengan siklus berulang. Tiap siklus terdiri dai 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian anak berusia 4 -5 tahun. Nilai kepemimpinan anak masih 60% pada Siklus 1, perlu dilanjutkan ke Siklus 2 untuk mencapai target nilai 80%. Pada Siklus 2 nilai kepemimpinan anak berhasil mencapai target dengan nilai persentase 86,67. Pencapaian tersebut menunjukkan penelitian telah berhasil dan dapat dihentikan. Dinyatakan bahwa nilai kepemimpinan anak dapat meningkat melalui implementasikan keteladanan tokoh wayang Gatutkaca. Kata kunci: karakter, kepemimpinan, anak usia 4-5 tahun, wayang, Gatutkaca