STUDI KASUS KERJA SAMA PEMERINTAH SWASTA PENGADAAN TANAH PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS KRIAN – LEGUNDI – BUNDER – MANYAR

Main Author: PRASETYO ADI SUNGKONO, 03114011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.narotama.ac.id/588/1/repo%20prasetyo%20adi.pdf
http://repository.narotama.ac.id/588/2/skripsi%20prasetyo%20adi.pdf
http://repository.narotama.ac.id/588/
Daftar Isi:
  • Salah satu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah didukung dengan adanya pembangunan infrastrktur. Pembangunan infrastruktur dalam bentuk Jalan Tol dapat meningkatkan potensi pengembangan perekonomian wilayah melalui peningkatan kelancaran arus barang dan jasa. Proyek pembangunan jalan tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berada dalam naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan PT. Waskita Bumi Wira sebagai pemrakarsa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara dengan pihak-pihak terkait pada proyek pembangunan Jalan Tol KLBM. Hasil penelitian ini antara lain : (i) Bentuk kerjasama yang dilakukan dalam pembangunan Jalan Tol KLBM adalah Build Operate Transfer (BOT); (ii) Proses Pengadaan Tanah pada proyek pembangunan Jalan Tol KLBM merupakan tanggung jawab PT WBW dengan dibantu oleh PPK Pengadaan Lahan dan BPN Kabupaten Gresik dan Sidoarjo; (iii) Proses pengembalian dana talangan tanah dilakukan melalui pemeriksaan oleh BPKP lalu diverifikasi oleh LMAN dan dilakukan pembayaran dengan nilai sebesar sebagaimana tercantum dalam perjanjian. Kata kunci : BOT, dana talangan tanah, PT WBW, tol KLBM.