ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN DAYA SAING PRODUK SINOM SURAMADU DI SURABAYA
Main Author: | Mohammad Saleh Askan, 01212060 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.narotama.ac.id/305/1/01212060%20MOHAMMAD%20SALEH%20ASKAN.pdf http://repository.narotama.ac.id/305/2/01212060%20MOHAMMAD%20SALEH%20ASKAN%20full%20wtk.pdf http://repository.narotama.ac.id/305/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan usaha sektor UMKM di Indonesia selama kurun waktu terakhir telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Khususnya Yang ada di wilayah Jawa Timur. Peran UMKM yang cukup besar dalam menyumbang Produk Domestik Bruto (PDRB) Propinsi Jawa Timur dinilai cukup menggembirakan karena bisa mencapai sebesar 53,95% (Laporan BPS Prov. Jawa Timur, 2012) merupakan bukti bahwa UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan PDRB Jawa Timur. Namun, factor daya saing sangat berperan besar dalam perkembangan UKM dan UMKM. Daya saing disini dapat dianalisa dengan menggunakan metode SWOT. Dalam penelitian ini, objek yang diamati yaitu UMKM Sinom Suramadu dimana UMKM ini bergerak dalam bidang minuman sehat. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis SWOT, EFAS dan IFAS. Dimana sumber data yang didapatkan melalui pengamatan langsung ke lokasi UMKM, wawancara kepada pemilik, dan kuesioner. Hasil yang didapatkan setelah melakukan pengolahan data menggunakan analisis SWOT dalam penelitian ini adalah UMKM Sinom Suramadu ini termasuk ke dalam perusahaan yang memiliki strategi ofensif artinya strategin menyerang langsung. Kata Kunci : UMKM, SWOT, Daya Saing Produk, Strategi Pemasaran, Sinom Suramadu.