Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar

Main Authors: Nurlaili, Shofiyatun, Sapriya, Sapriya, Hakam, Kama Abdul, Mustikasari, Lidya
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA , 2020
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5477
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5477/3286
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/5477/1084
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan kognitif tingkat tinggi yakni keterampilan pemecahan masalah yang belum dilatihkan dengan baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas IV sebuah sekolah dasar di Surabaya yang terihat dari perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah antara kelas yang menerapkan model pembelajaran VCT dan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional . Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT memberikan pengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata n-gain hasil tes keterampilan pemecahan masalah di kelas eksperimen sebesar 0,35 dan kelas kontrol sebesar 0,21 kemudian berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.06 > 0.05 maka H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah antara kelas yang menerapkan model pembelajaran VCT dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar, Value Clarification Technique (VCT Abstract: This research was based on cognitive high-order thinking skills such as problem-solving skills that have not been trained properly in school. The research aims to determine the effect of applying the Value Clarification Technique (VCT) learning model to the problem-solving skills of fourth-grade students at an elementary school in Surabaya as seen from the significant difference in the improvement of problem-solving skills between a class that applying the VCT learning model and a class that applying conventional learning models. The research method used was quasi-experimental, with the Nonequivalent Control Group Design research design. The result shows that the application of the VCT learning model affects problem-solving skills. This is evidenced by an increase in the average n-gain test results of problem-solving skills in the experimental class by 0.35 and the control class by 0.21 then based on the results of the t-test obtained significance values of 0.06> 0.05 then H0 is accepted. It shows that there are no significant differences in the improvement of problem-solving skills between the class applying the VCT learning model and the class using the conventional learning model.Keywords: Elementary Education; Problem Solving Skills; Value Clarification Technique (VCT) Learning Model