IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Main Author: | Ayu Afiani, Kunti Dian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PROCEEDING
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4831 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4831/2793 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika kelas III setelah menerapkan kultur literasi matematika. Revolusi Industri 4.0 yang berkembang saat ini menuntut adanya perubahan dalam pembelajaran saat ini. Salah satu perubahan yang dapat dilakukan yaitu melalui literasi, karena melalui literasi siswa dapat memperkaya wawasan pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika setelah adanya penerapan Literasi matematika di kelas III SDN Airlangga 1 Surabaya. Dari Siklus I sebesar 48% menjadi meningkat di Siklus 2 Sebesar 88%. Hasil tersebut membuktikan jika Implementasi kultur literasi di sekolah dapat menumbuhkan kesadaran bahwa matematika ada dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada era revolusi industry 4.0. Sebab, penerapan kultur literasi matematika di era revolusi industri 4.0 di sekolah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuan dasar literasi dengan cara melakukan inovasi pembelajaran matematika. Kata Kunci: Literasi Matematika, Revolusi Industri 4.0, Hasil Belajar Matematika