RELEVANSI METODE PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Martati, Badruli, Akbar, Maruf, Sumantri, M. Syarif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PROCEEDING
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4812 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4812/2779 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh interaksi Metode pembelajaran dan Konsep Diri terhadap Sikap Tanggung Jawab siswa. Untuk membantu perkembangan jiwa, manusia perlu didukung dengan pendidikan yang esensinya berupa arahan dan tuntunan kepada siswa sesuai pertumbuhan dan perkembangan masyarakat sekitar. Adanya bullying atau kekerasan adalah problema dari sikap tanggung jawab siswa yang kurang dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh interaksi sebesar 70,8% yang dapat diartikan bahwa siswa yang memiliki Konsep Diri tinggi (B1=79,45) relevan jika siswa dalam proses belajar mengajar dengan Metode pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (A1=93,55) yang akan berdampak pada Sikap Tanggung Jawab yang baik atau positif. Misalnya, konsep diri-psikologis individu: “Saya senang bisa membantu teman lain” dan internalisasi nilai dari hasil dalam proses belajar mengajar dengan TKN memberikan pengaruh pada afektif verbal-sikap tanggung jawab siswa dengan “Mengajak teman untuk kerja kelompok dengan gembira”. Proses pembelajaran dapat dipergunakan oleh guru untuk mengendalikan interaksi sosial di sekolah. Peran guru sebagai fasilitator untuk menumbuh- kembangkan sikap tanggung jawab siswa yang dituangkan melalui “Rencana pelaksanaan pembelajaran”. Dengan demikian sosialiasi kepada guru PPKn sangat diperlukan, dalam upaya implementasi “Penguatan Pendidikan Karakter” di sekolah. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Konsep Diri, Teknik Klarifikasi Nilai, Ekspositori, Bullying