Pembelajaran Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction
Main Authors: | Sa’adah, Nur, Soewardini, Herfa Maulina Dewi, Kirana, Anik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PROCEEDING
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4345 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4345/2600 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran aritmatika sosial merupakan pembelajaran yang banyak menerapkan soal cerita sehingga menurut siswa itu sulit untuk menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Oleh karena itu, dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction diharapkan salah satu pendekatan yang aktif untuk dapat membantu siswa menyelesaikan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis aktivitas siswa, analisis hasil belajar siswa, analisis data wawancara siswa. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan penelitian bahwa dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction pada siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan kategori analyze, evaluate dan create, siswa dengan kemampuan sedang mampu dalam kegiatan menyelesaikan kategori analyze, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan kategori analyze.