Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A TK DWP Kedungrukem Benjeng Gresik Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Faizatin, Nur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Surabaya
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1964 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1964/1501 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa Kelompok A TK DWP Kedungrukem Benjeng Gresik melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti melipat kertas dan melipat berbagai macam lipatan kertas. yang disesuaikan dengan tema sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kemampuan melipat kertas pada anak, yaitu terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegitan pembelajaran dengan melipat kertas yang berlangsung. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil 57% peningkatan kemampuan melipat kertas dan pada siklus II diperoleh hasil 80% peningkatan kemampuan melipat kertas, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian sebesar 80%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan melipat kertas (origami) sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan melipat kertas/origami pembelajaran permulaan yang menarik dan menyenangkan anak. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan pembela-jaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.