Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA
Main Authors: | Susilowati, Indar Agus, Suyanto, Edi, Munaris, Munaris |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Surabaya
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/1868 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/1868/2508 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan membuat rancangan bahan ajar berupa modul yang akan digunakan siswa kelas XII tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dengan tahap yaitu: (1) menganalisis potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) memvalidasi desain kepada ahli, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dapat dijadikan bahan ajar sastra yang baik karena terkandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu jujur, religi, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingintahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cintai damai, gemar membaca, pedulilingkungan, peduli sosial, tanggungjawab. Berdasarkan uji coba yang dilakukan kepada siswa dan guru mendapatkan beberapa penilaian dari aspek indikator kelayakan meliputi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Penilaian siswa dan guru memperoleh presentase 81,5% dan 87,5%. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk layak digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Novel Sang Pemimpi, Bahan Ajar