KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA MOVING FLASHCARD DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FALAH LUBUK BUAYA PADANG

Main Author: ., Yulsyofriend
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH SURABAYA , 2017
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1071
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1071/883
Daftar Isi:
  • Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 12 orang anak. Jenis penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif yang berbentuk kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen yang menggunakan Media Moving Flashcard lebih tinggi (87,5) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan Media Kartu Baca (78,75). Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung (2,6569) lebih besar dari ttabel (2,074). Maka dapat disimpulkan bahwa Media Moving Flashcard berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Kata Kunci : Moving Flashcard; Kemampuan Membaca Anak.