PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS VIII MTS N-3 MEDAN
Main Author: | Sirait, Ratni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3377 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3377/3043 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester I pada materi pokok Usaha dan Energi di MTs N 3 Medan T.P 2010. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah36 orang. Hasil analisis data melalui uji t menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 1,71 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, artinya Ha diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII semester I MTs N 3 Medan.