MENERAPKAN MODEL KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA UMUM I MAHASISWA SEMESTER I JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED TA 2012/2013

Main Authors: Bakar, Abu, ., Rahmatsyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2012
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3188
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3188/2860
ctrlnum article-3188
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">MENERAPKAN MODEL KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA UMUM I MAHASISWA SEMESTER I JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED TA 2012/2013</title><creator>Bakar, Abu</creator><creator>., Rahmatsyah</creator><subject lang="en-US">Physics education</subject><subject lang="en-US">model konstruktivis, miskonsepsi, hasil belajar</subject><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep&#xA0;Fisika melalui penerapan model konstruktivis pada mahasiswa tingkat&#xA0;pertama bersama pada semester ganjil tahun akademik 2012/1013. Model ini dipilih sebagai salah satu upaya memperbaiki kesalahan-kesalahan konsep yang selama ini masih dirasakan bahkan sampai semester lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model konstruktivis dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika yang terbukti dengan perolehan skor pretes dan postes yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata perolehan skor hasil pretes sebesar 25,0 dengan skor terendah 8 dan tertinggi 58. Pada siklus I rata-rata perolehan skor hasil postes sebesar 34,9 dengan skor terendah 17 dan skor tertinggi sebesar 50. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan rata-rata sebesar 9,9 poin dan ditinjau dari gain rata-rata yang diperoleh sangat rendah yaitu sebesar 13. Rata-rata perolehan skor hasil pretes sebesar 13 dengan skor terendah 0 dan tertinggi 25. Rata-rata perolehan&#xA0;skor hasil postes sebesar 85 dengan skor terendah 50 dan skor tertinggi&#xA0;sebesar 100. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan yang sangat tinggi rata-rata sebesar 72 poin dan terjadi pada semua mahasiswa. Ditinjau dari gain rata-rata yang diperoleh sangat tinggi yaitu sebesar 83. Dari data yang diperoleh hasil pelaksanaan siklus II dengan kriteria minimum skor 70, hanya 4 orang mahasiswa memiliki skor dibawah 70 dan sisanya (82%) di atas 70 sehingga pembelajaran telah mencapai ketuntasan.</description><publisher lang="en-US">Universitas Negeri Medan</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2012-12-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3188</identifier><identifier>10.22611/jpf.v1i2.3188</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan Fisika; Vol 1, No 2 (2012); 49-54</source><source>2301-7651</source><source>2252-732X</source><source>10.22611/jpf.v1i2</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3188/2860</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-3188</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Bakar, Abu
., Rahmatsyah
title MENERAPKAN MODEL KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA UMUM I MAHASISWA SEMESTER I JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED TA 2012/2013
publisher Universitas Negeri Medan
publishDate 2012
topic Physics education
model konstruktivis
miskonsepsi
hasil belajar
url http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3188
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3188/2860
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Fisika melalui penerapan model konstruktivis pada mahasiswa tingkat pertama bersama pada semester ganjil tahun akademik 2012/1013. Model ini dipilih sebagai salah satu upaya memperbaiki kesalahan-kesalahan konsep yang selama ini masih dirasakan bahkan sampai semester lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model konstruktivis dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika yang terbukti dengan perolehan skor pretes dan postes yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata perolehan skor hasil pretes sebesar 25,0 dengan skor terendah 8 dan tertinggi 58. Pada siklus I rata-rata perolehan skor hasil postes sebesar 34,9 dengan skor terendah 17 dan skor tertinggi sebesar 50. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan rata-rata sebesar 9,9 poin dan ditinjau dari gain rata-rata yang diperoleh sangat rendah yaitu sebesar 13. Rata-rata perolehan skor hasil pretes sebesar 13 dengan skor terendah 0 dan tertinggi 25. Rata-rata perolehan skor hasil postes sebesar 85 dengan skor terendah 50 dan skor tertinggi sebesar 100. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan yang sangat tinggi rata-rata sebesar 72 poin dan terjadi pada semua mahasiswa. Ditinjau dari gain rata-rata yang diperoleh sangat tinggi yaitu sebesar 83. Dari data yang diperoleh hasil pelaksanaan siklus II dengan kriteria minimum skor 70, hanya 4 orang mahasiswa memiliki skor dibawah 70 dan sisanya (82%) di atas 70 sehingga pembelajaran telah mencapai ketuntasan.
id IOS5217.article-3188
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Jurnal Pendidikan Fisika
repository_id 5217
subject_area Jurnal Pendidikan Fisika
JPF
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5217
first_indexed 2018-02-07T03:10:22Z
last_indexed 2018-02-07T03:10:22Z
recordtype dc
_version_ 1686321245521444864
score 17.538404