PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS VIDEO

Main Author: Simanjuntak, Mariati Purnama
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2012
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3187
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3187/2859
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum melalui pendekatan pembelajaran pemecahan masalah berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data pemahaman konsep Fisika dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda. Peningkatan pemahaman konsep Fisika mahasiswa dinilai berdasarkan perbandingan rerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah berbasis video pada topik Kinematika dan Dinamika Partikel dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa, termasuk kategori sedang.