PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS VIDEO
Main Author: | Simanjuntak, Mariati Purnama |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3187 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3187/2859 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum melalui pendekatan pembelajaran pemecahan masalah berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data pemahaman konsep Fisika dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda. Peningkatan pemahaman konsep Fisika mahasiswa dinilai berdasarkan perbandingan rerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah berbasis video pada topik Kinematika dan Dinamika Partikel dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa, termasuk kategori sedang.