MENINGKATKAN KINERJA DAN HASIL BELAJAR SISTEM ORGAN MANUSIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX-C SMP NEGERI 4 KALIKAJAR PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Heri Priyanto, Heri Priyanto
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ , 2018
Subjects:
Online Access: http://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/41
http://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/41/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan hasil belajar peserta didikdi kelas IX-C SMP Negeri 4 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 4 Kalikajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar peserta didik. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja peserta didik meningkat dari dari 53 menjadi 85 pada akhir siklus II Selain itu, telah terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, sikap, dan keterampilan peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan dari 51,74 menjadi 70,43 dan 92,61 pada akhir siklus I dan siklus II. Peningkatan rata-rata hasil ulangan ini sejalan dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik yang mengalami kenaikan dari 9% menjadi 52% dan 96% pada akhir siklus I dan siklus II. Pada aspek sikap kerja sama, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkerja sama peserta didik sebesar 61 dari 35 sebelum penelitian menjadi 96 pada akhir penelitian. Peningkatan juga terjadi pada aspek keterampilan yang meningkat dari 52 menjadi 100 pada akhir siklus II.