PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA

Main Author: Anggis, Eka Vasia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Mangifera Edu , 2018
Online Access: http://journal.unwir.ac.id/index.php/mangiferaedu/article/view/7
http://journal.unwir.ac.id/index.php/mangiferaedu/article/view/7/2
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kelas B 2013 di UM, didapatkan kondisi pembelajaran yang baik. Namun, 65% mahasiwa  tidak memiliki tanggung jawab akan tugas, 75% kurangnya komunikasi dan kerjasama antarkelompok. 45% mahasiswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran, 80% posisi duduk belum mencerminkan adanya interaksi antarkelompok. 40% terdapat nilai mahasiswa kurang pada ulangan harian sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa melalui jigsaw berbasis LS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study (PTK_LS). Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian PTK_LS  sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa biologi UM Kelas B. Instrumen penelitian meliputi lembar instrumen penilaian keterlaksanaan LS, intrumen penilaian lembar observasi keaktifan siswa. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan jigsaw_LS sebesar 100%. Penerapan model Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 3,75% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa