Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Metode Kerja Kelompok
Main Author: | Zebua, Gatiria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL GLOBAL EDUKASI
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/419 http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/419/348 |
ctrlnum |
article-419 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Metode Kerja Kelompok</title><creator>Zebua, Gatiria</creator><description lang="en-US">Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 070980 Maowo, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode resitasi dan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B dengan jumlah siswa 31 orang terdiri dari 29 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Metode yang digunakan adalah metode resitasi dan metode kerja kelompok yaitu dengan pemberian tugas agar siswa lebih bertanggungjawab dan mampu bekerjasama dalam kemlompok tertentu. dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 64,71 dengan ketuntasan kelas 38,7%. Pada siklus II, nilai rata-rata sebesar 78,61 dan ketuntasan kelas 90,3%. Berdasarkan hasil yang didapat, maka prestasi keterampilan siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian ada kemajuan yang signifikan. dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran resitasi dan metode kerja kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam operasi hitng perkalian dan pembagian.Kata kunci: metode resitasi, metode kerja kelompok, operasi hitung</description><publisher lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-10-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/419</identifier><source lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI; Vol 3, No 2 (2019): Oktober 2019; 145 - 150</source><source>2614-5588</source><source>2597-873X</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/419/348</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JURNAL GLOBAL EDUKASI</rights><recordID>article-419</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Zebua, Gatiria |
title |
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Metode Kerja Kelompok |
publisher |
JURNAL GLOBAL EDUKASI |
publishDate |
2019 |
url |
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/419 http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/419/348 |
contents |
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 070980 Maowo, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode resitasi dan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B dengan jumlah siswa 31 orang terdiri dari 29 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Metode yang digunakan adalah metode resitasi dan metode kerja kelompok yaitu dengan pemberian tugas agar siswa lebih bertanggungjawab dan mampu bekerjasama dalam kemlompok tertentu. dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 64,71 dengan ketuntasan kelas 38,7%. Pada siklus II, nilai rata-rata sebesar 78,61 dan ketuntasan kelas 90,3%. Berdasarkan hasil yang didapat, maka prestasi keterampilan siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian ada kemajuan yang signifikan. dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran resitasi dan metode kerja kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam operasi hitng perkalian dan pembagian.Kata kunci: metode resitasi, metode kerja kelompok, operasi hitung |
id |
IOS5200.article-419 |
institution |
smart education |
institution_id |
1173 |
institution_type |
library:special library |
library |
Jurnal Global Edukasi |
library_id |
1392 |
collection |
Jurnal Global Edukasi |
repository_id |
5200 |
subject_area |
Pendidikan |
city |
Kisaran |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS5200 |
first_indexed |
2020-07-06T22:21:39Z |
last_indexed |
2020-07-06T22:21:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686320536486936576 |
score |
17.538404 |