Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Discovery Learning

Main Author: Zebua, Kristiani
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL GLOBAL EDUKASI , 2019
Online Access: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/415
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/415/344
Daftar Isi:
  • Metode Discovery Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang memberi kesempatan kreatifitas siswa dengan mendasarkan kepada potensi siswa agar siswa menemukan pengalaman atau hasil belajarnya sendiri. Pada pembelajaran ini siswa diharapkan dapat menemukan sendiri dan menyelidiki sendiri sehingga konsep dan pengertian yang ditemukan merupakan pengertian yang betul-betul dikuasai sehingga mudah digunakan atau diterapkan dalam situasi yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode discovery learning pada materi lingkaran siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning. Dari hasil tes dapat diketahui bahwa dari jumlah siswa 23 siswa 19 siswa (86,96%) dinyatakan tuntas secara klasikal, hal ini dilihat dari ketuntasan nilai siswa dari pembelajaran pada siklus I pertemuan I (56,52%), hasil belajar pada siklus I pertemuan II (86,96%) meningkatkan sebanyak 21,74%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery learning dalam materi keliling lingkaran dan las lingkaran benar-benar memberi hasil yang sangat memuaskan.Kata kunci: pendekatan kontekstual, metode discovery learning, lingkaran