Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Workshop Pendekatan Direktif

Main Author: Fauzi, Fauzi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL GLOBAL EDUKASI , 2019
Online Access: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/403
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/403/332
ctrlnum article-403
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Workshop Pendekatan Direktif</title><creator>Fauzi, Fauzi</creator><description lang="en-US">Melalui penelitian ini peneliti menggunaan tindakan kegiatan workshop dengan pendekatan direktif untuk meningkatkan mutu tes hasil belajar daan sesuai dengan kaidah penulisan soal serta tes sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran. penelitian dilaksanakan dua siklus dengan durasi pertemuan sebanya 4 kali pertemuan. Setelah dilakukan workshop dengan pendekatan direktif dalam menyusun tes hasil belajar setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan pertama dengan banyak guru yang mempunyai perilaku baik dan amat baik sebanyak 51% untuk siklus II pertemuan keempat meningkat menjadi 97%. Untuk nilai hasil kinerja siklus I pertemuan pertama adalah 22% jumlah guru yang tuntas untuk siklus II pertemuan keempat meningkat menadi 100%. Berdasarkan pengamatan periklau kerja dan hasil kinerja guru masing-masing mendapat lebih baik 75%, sehingga kegiatan workshop dengan pendekatan direktif dapat meningkatkan guru dalam menyusn tes hasil belajar.Kata kunci: workshop, pendekatan direktif</description><publisher lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-12-16</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/403</identifier><source lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI; Vol 3, No 3 (2019): Desember 2019; 161-170</source><source>2614-5588</source><source>2597-873X</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/403/332</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JURNAL GLOBAL EDUKASI</rights><recordID>article-403</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Fauzi, Fauzi
title Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Workshop Pendekatan Direktif
publisher JURNAL GLOBAL EDUKASI
publishDate 2019
url http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/403
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/403/332
contents Melalui penelitian ini peneliti menggunaan tindakan kegiatan workshop dengan pendekatan direktif untuk meningkatkan mutu tes hasil belajar daan sesuai dengan kaidah penulisan soal serta tes sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran. penelitian dilaksanakan dua siklus dengan durasi pertemuan sebanya 4 kali pertemuan. Setelah dilakukan workshop dengan pendekatan direktif dalam menyusun tes hasil belajar setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan pertama dengan banyak guru yang mempunyai perilaku baik dan amat baik sebanyak 51% untuk siklus II pertemuan keempat meningkat menjadi 97%. Untuk nilai hasil kinerja siklus I pertemuan pertama adalah 22% jumlah guru yang tuntas untuk siklus II pertemuan keempat meningkat menadi 100%. Berdasarkan pengamatan periklau kerja dan hasil kinerja guru masing-masing mendapat lebih baik 75%, sehingga kegiatan workshop dengan pendekatan direktif dapat meningkatkan guru dalam menyusn tes hasil belajar.Kata kunci: workshop, pendekatan direktif
id IOS5200.article-403
institution smart education
institution_id 1173
institution_type library:special
library
library Jurnal Global Edukasi
library_id 1392
collection Jurnal Global Edukasi
repository_id 5200
subject_area Pendidikan
city Kisaran
province SUMATERA UTARA
repoId IOS5200
first_indexed 2020-06-15T21:29:49Z
last_indexed 2020-07-06T22:21:39Z
recordtype dc
_version_ 1686320536479596544
score 17.538404