Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Team Game Tournament
Main Author: | Harefa, Yulianus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL GLOBAL EDUKASI
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/234 http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/234/189 |
Daftar Isi:
- Abstract: This research was conducted in SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan. The type of this research was classroom action research. It was found a problem that PKn learning outcomes in Class VII of SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan in Gunungsitoli Selatan sub-district were very low. This study aims to determine whether the use of the Team Game Tournament (TGT) method can improve student learning outcomes in Class VII of SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan. The subjects of this study were Class VII students with 38 students consisting of 18 female students and 20 male students. From the research carried out obtained learning results after the action was taken. in the first cycle has increased, which is that the initial test only reached 58.4 in the first cycle to 63.8 with 62.2% learning completeness. The results of this first cycle show that student learning outcomes have not reached the minimum completeness criteria (KKM). While in the second cycle the grade average value increased to 70.4 with learning completeness 80.6% (29 out of 36 students). Keywords: Jigsaw Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, ditemukan masalah bahwa hasil belajar PKn di Kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan kecamatan Gunungsitoli Selatan sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII dengan jumlah siswa 38 orang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. pada siklus I telah mengalami peningkatan, yaitu yang pada tes awal baru mencapai 58,4 pada siklus I menjadi 63,8 dengan ketuntasan belajar 62,2 %. Hasil siklus I ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,4 dengan ketuntasan belajar 80,6% (29 dari 36 siswa). Kata kunci: Jigsaw