Analisis pemilihan moda transportasi rute penyeberangan Bangka-Belitung (studi kasus: kapal cepat dan pesawat udara)
Main Author: | Citra Sari, (NIM.1041211013) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/869/1/Halaman%20Depan.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/2/Bab%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/3/Bab%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/4/Bab%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/5/Bab%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/6/Bab%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/8/Lampiran.pdf http://repository.ubb.ac.id/869/ |
Daftar Isi:
- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi menjadi atas dua pulau, yakni pulau Bangka dan Pulau Belitung, yang dapat ditempuh menggunakan pesawat udara dan kapal cepat, dulu moda kapal cepat menjadi pilihan utama bagi masyarakat umum, namun semenjak adanya rute penerbangan Pangkalpinang-Tanjung Pandan tanpa transit terlebih dahulu, keadaan ini menjadikan pengelola kapal cepat rute penyeberangan Pangkal Balam-Tanjung Pandan harus melakukan pengoreksian besar terhadap moda yang dikelola. Adanya keadaan ini penulis melakukan penelitian yang mengkaji model pemilihan moda antara Kapal Cepat dan Pesawat Udara rute penyeberangan Bangka- Belitung. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemilihan moda dan berapa persentase pemilihan moda, serta untuk mengetahui model pemilihan moda antara kapal cepat dan pesawat udara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data survei yang dilakukan terhadap penumpang kapal cepat dan pesawat udara dengan metode stated preference.Dari hasil analisa didapat suatu pemodelan dengan persamaan linier Y = 3,304178- 0,0000123.X1 - 0,014081.X3, dimana X1 adalah Δ biaya perjalanan, dan X3 adalah Δ waktu pelayanan.