Daftar Isi:
  • Penelitian ini memfokuskan dampak pelaksanaan Program Kemitraan Corporate Social Responsibility PT.Telkom terhadap perubahan sosial usaha kecil dibidang ekonomi masyarakat Pangkalpinang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Corporate Social Responsibility PT.Telkom dengan Program Kemitraan terhadap masyarakat di Pangkalpinang. Untuk menganalisis dampak pelaksanaan Program Kemitraan Corporate Social Responsibility PT.Telkom dalam mengembangkan usaha kecil terhadap perubahan sosial di bidang ekonomi dalam masyarakat Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan Pangkalpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan menggunakan Pendekatan Studi Kasus. Data studi kasus dipilih tahun 2014 Program Kemitraan Corporate Social Responsibility PT.Telkom dengan wawancara 18 informan Program Kemitraan Mitra binaan dan observasi serta dokumentasi. Menganalis data dilakukan untuk memberi makna data yang berhasil dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Adaptation (Adaptasi) adanya hubungan PT.Telkom dan masyarakat melalui Program Kemitraan dalam aspek ekonomi dalam usaha kecil masyarakat Pangkalpinang. Dalam Goal Attainment (Pencapaian Tujuan) adanya hubungan PT.Telkom dan usaha kecil melalui Mitra Binaan. Dalam Intergration adanya hubungan Pemerintah, PT.Telkom dan usaha kecil masyarakat Pangkalpinang melalui Surat Perjanjian Tentang Bantuan Program Kemitraan. Dalam Latency (Lantensi dan Pemeliharaan Pola) adanya hubungan PT.Telkom dan Mitra Binaan melalui Evaluasi. Program Kemitraan berdampak aspek positif dan aspek negatif bagi perusahaan Telkom dan usaha kecil masyarakat serta bermanfaat bagi Pemerintah, PT.Telkom dan usaha kecil masyarakat Pangkalpinang.