Pengaruh celebrity endorser dan word of mouth terhadap minat untuk perpindahan merek (brand switching) pada konsumen pengguna produk kosmetik “pixy” di Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung
Main Author: | Astuti,, (NIM. 3021211012) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/599/8/Hal%20Depan.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/1/Bab-1.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/2/Bab-2.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/3/Bab-3.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/6/Bab-4.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/4/Bab-5.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/7/Lampiran.pdf http://repository.ubb.ac.id/599/ |
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis yang semakin kompetitif memberikan peluang kepada konsumen untuk lebih leluasa dalam memilih produk yang diinginkannya. Hal ini menimbulkan gejala semakin banyak dan beragam produk yang ditawarkan oleh perusahaan menyebabkan konsumen rentan melakukan perpindahan merek. Untuk itu perusahaan perlu mengetahui cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tidak beralih ke merek pesaing, caranya adalah dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Promosi melalui iklan atau melakukan komunikasi dari mulut ke mulut dan media lainnya dengan menggunakan celebrity endorser juga dapat menjadi daya tarik untuk mempengaruhi konsumen dalam beralih merek. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser dan word of mouth terhadap minat untuk perpindahan merek. enis penelitian deskriptif dan analisis kuantitatif, Jumlah sampel 236 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Metode pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode regresi berganda dengan uji t, uji f dan analisis determinasi. Hasil analisis menunjukkan celebrity endorser dan word of mouth berpengaruh positif terhadap perpindahan merek yang ditunjukkan oleh nilai sign 0,000 dan t hitung sebesar 4.365 untuk celebrity endorser (X1) dan word of mouth (X2) t hitung sebesar 5.516 ditunjukkan dengan nilai sign 0,000. Variabel celebrity endorser dan word of mouth secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat untuk perpindahan merek (brand switching) pada konsumen pengguna produk kosmetik Pixy di Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung dengan hasil uji Fhitung sebesar 61.787> Ftabel sebesar 3,034 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,050. Hasil pengujian nilai Adjusted R Square sebesar 0,341 yang artinya variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 34.1% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel yang ada diluar penelitian.