Pengaruh kepercayaan, servicescape, dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah tabungan hidayah PBR Syariah Bangka Belitung KPO Sungailiat
Main Author: | Aryadi Baskara K., (NIM. 3021211011) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/597/8/Hal%20Depan.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/1/Bab-1.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/2/Bab-2.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/3/Bab-3.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/5/Bab-4.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/7/Bab-5.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/6/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/9/Lampiran.pdf http://repository.ubb.ac.id/597/ |
Daftar Isi:
- Nasabah yang memiliki loyalitas tinggi merupakan asset berharga bagi para pelaku bisnis terlebih perusahaan penyedia jasa. Perusahaan harus berlomba meningkatkan kepuasan pelanggannya serta sembari meningkatkan kompetensi perusahaan. Hal inilah yang terjadi pada BPRS Babel KPO Sungailiat. Loyalitas Nasabah menjadi orientasi bagi bank lokal Bangka Belitung ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan, Servicescape dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah tabungan Hidayah BPR Syariah Bangka Belitung KPO Sungailiat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif yang menggunakan metode accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Tabungan Hidyah pada BPRS Babel KPO Sungailiat yang telah berusia minimal 17 tahun serta telah menabung minimal satu tahun dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 382 orang. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode regresi berganda dengan uji t, uji f dan analisis determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kepercayaan, Servicescape dan Customer Relationship Management (CRM) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Hidayah BPR Syariah Bangka Belitung KPO Sungailiat dengan nilai thitung variabel kepercayaan (X1) sebesar 4.716 > ttabel yang bernilai 1.966, Servicescape sebesar 3.278 > ttabel yang bernilai 1,966, dan Customer Relationship Management (CRM) sebesar 6.187 > ttabel yang bernilai 1.966. Variabel kepercayaan, Servicescape, dan Customer Relationship Management (CRM) secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Hidayah BPR Syariah Bangka Belitung KPO Sungailiat dengan hasil uji Fhitung sebesar 29.689> Ftabel sebesar 2.628 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0.050. Hasil pengujian juga mendapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,184 yang artinya variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 18,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel yang ada diluar penelitian.