Dampak penerapan saluran pemasaran terhadap pendapatan petani nanas di Kelurahan Tua Tunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam memilih saluran pemasaran nanas di Kelurahan Tua Tunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. (2) Menganalisis saluran pemasaran nanas yang dipilih oleh petani memberikan perbedaan yang nyata terhadap pendapatan mereka. (3) Menghitung besar kontribusi pendapatan dari usahatani nanas terhadap pendapatan total keluarga petani. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Tua Tunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang pada bulan Agustus 2016 sampai Maret 2017. Metode peneliti menggunakan metode survei, sedangkan Metode penarikan contoh menggunakan metode pengambilan sampel secara random atas dasar strata tidak proposional (disproportionate stratified random sampling), pengolahan data dijelaskan secara dianalisis dengan menggunakan regresi binary logistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat empat variabel yang mempengaruhi pada tingkat kepercayaan lima persen yaitu harga jual (X1), keuntungan (X4), sistem pembayaran (X5) dan orientasi pasar (X6). (2) Pendapatan yang diperoleh petani nanas di Kelurahan Tua Tunu Indah yang menjual langsung ke pasar yaitu sebesar Rp. 24.252.111,- dan menjual ke pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp. 14.619.500. Selisih perbedaan yang diperoleh petani nanas di Kelurahan Tua Tunu Indah yang di jual langsung ke pasar dengan di jual ke pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp. 9.632.611,- atau sebesar 24,78 persen. (3) Kontribusi pendapatan dari usahatani nanas terhadap pendapatan total yang diperoleh petani yang menjual langsung ke pasar yaitu sebesar 33,14 persen dan untuk petani yang menjual ke pedagang pengumpul yaitu sebesar 27,16 persen. Dan untuk kontribusi rata-rata seluruh petani yang ada di Kelurahan Tua Tunu Indah adalah sebesar 33,14 persen