Analisis minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)
Main Author: | Padhila Aprilia, (NIM. 3011511065) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/3457/1/_COVER.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/2/_BAB%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/3/_BAB%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/4/_BAB%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/5/_BAB%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/6/_BAB%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/7/_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ubb.ac.id/3457/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan variabel eksogen kemudahan penggunaan persepsian dan variabel endogen kegunaan persepsian, sikap penggunaan dan minat perilaku penggunaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunduh aplikasi peer to peer lending yang terdaftar dan berizin OJK yang berjumlah 17.150.000. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 46 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model dengan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan persepsian, kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan, kegunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan, kegunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan dan sikap penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending. Berdasarkan hasil indirect effect, ternyata juga terdapat pengaruh tidak langsung antar variabel diantaranya kegunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan melalui sikap penggunaan, kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan melalui kegunaan persepsian, dan kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan melalui sikap penggunaan.