Pengukuran kinerja badan layanan umum daerah dengan pendekatan balanced scorecard pada RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang tahun 2017
Main Author: | Paramitha Sari Dwi Saputri, (NIM. 3011411084) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/3455/1/_COVER.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/2/_BAB%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/3/_BAB%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/4/_BAB%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/5/_BAB%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/6/_BAB%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/7/_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ubb.ac.id/3455/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kinerja RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang berdasarkan empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perpektif pelanggan, perspektif bisnis dan internal, perspektif pembelajaram dan pertumbuhan dengan metode balanced scorecard. Objek dalam penelitian ini adalah RSUD Depati Hamzal Kota Pangkalpinang tahun 2016-2017. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang telah memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran strategi yang jelas. Pada tahun 2016 dan 2017, secara rata-rata kinerja pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran cukup baik, perspektif pelanggandilihat dari retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan sudah baik, perspektif proses bisnis dan internal belum baik sehingga harus melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas dari rumah sakit, dan perspektif keuangan sudah baik dibuktikan dengan telah mampu mencapai target rumah sakit.