Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pulau Bangka. Kedatangan wisatawan akan berdampak terhadap kunjungan konsumen yang akan menginap di Soll Marina Hotel Bangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh customer relationship management, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan konsumen menginap di Soll Marina Hotel Bangka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah 107 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin dengan kelonggaran sebesar 5%. Variabel bebas yaitu customer relationship management, fasilitas dan lokasi, sedangkan variabel terikat yaitu keputusan menginap. Metode analisis menggunakan analisis linier berganda dengan uji t, uji f dan uji koefisien determinasi(R2).Hasil analisi deskriptif pada variabel dengan nilai rata-rata variabel customer relationship management (X1) sebesar 3.37, variabel fasilitas (X2) sebesar 3.31, variabel lokasi(X3) sebesar 3.33, berdasarkan rentang skor berada pada 2.61-3.40. Hasil penelitian pada variabel customer relationship management(X1) diperoleh t hitung (5.575) > t tabel (1.659), variabel fasilitas(X2) diperoleh t hitung (4.242) > t tabel (1.659), variabel lokasi(X3) diperoleh t hitung (4.287) > t tabel (1.659). Populasi ini menyimpulkan customer relationship management, fasilitas dan lokasi secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan menginap. Secara simultan ketiga varibel berpengaruh keputusan menginap di Soll Marina Hotel dengan diperoleh hasil uji f yang menunjukkan f hitung (401.440) > f tabel 2.69. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel customer relationship management, fasilitas dan lokasi mempengaruhi keputusan menginap sebesar 91.9%.