Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi fenomena yang menunjukkan bahwa social media marketing dan electronic word of mouth dapat mempengaruhi keputusan berkunjung. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tentang pengaruh social media marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke kawasan wisata pantai Membalong, Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 400 responden, sedangkan metode pengambilan sampelnya menggunakan quota sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian independen X1 diperoleh thitung sebesar 12,911 > ttabel 1,962 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, maka variabel social media marketing berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan berkunjung. Variabel X2 memiliki thitung sebesar 11,251 > ttabel 1,962 dengan siginifikansi 0,00 < 0,05, maka variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil Uji F, dimana Fhitung 661,330 > Ftabel 3,04 dengan nilai siginifikansi 0,00 < 0,05, yang berarti variabel social media marketing dan electronic word of mouth secara simultan mempengaruhi variabel keputusan berkunjung secara siginifikan. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan variabel social media marketing dan electronic word of mouth mempengaruhi variabel keputusan berkunjung sebesar 76,1%.