Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, promosi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung objek wisata bahari di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden, dimana pengunjung yang sudah pernah mengunjungi objek wisata bahari sebagai subjek yang diteliti. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan metode qouta sampling. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari lokasi, promosi dan fasilitas, sedangkan varibel terikatnya adalah kepuasan pengunjung. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas & uji reliabilitas, metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lokasi, promosi dan fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil pengujian analisis regresi berganda menunjukkan hasil positif dari seluruh variabel yang ada. Sedangkan pada uji t (parsial) dan uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel lokasi, promosi dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Besarnya pengaruh variabel lokasi, promosi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung objek wisata bahari di Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat sebanyak 52,0%.