Analisis perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik terhadap kompetensi yang dibutuhkan lulusan akuntansi (studi kasus mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik (Dosen) di Universitas Bangka Belitung)
Main Author: | Fitriana, (NIM. 3011511031) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/2948/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/4/BAB%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/6/BAB%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/5/BAB%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/1/BAB%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/2/BAB%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ubb.ac.id/2948/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang perbedaan antara Persepsi Mahasiswa Akuntansi dan Akuntan Pendidik (dosen) terhadap Kompetensi yang di Butuhkan Lulusan Akuntansi (Studi Pada Universitas Bangka Belitung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban apakah terdapat perbedaan antara persepsi mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik (dosen) terhadap kompetensi yang dibutuhkan lulusan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Non probability sampling dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 81 sampel mahasiswa akuntansi dan 9 sampel akuntan pendidik (dosen). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data menggunakan analisis independent sample t Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi dan persepsi akuntan pendidik (dosen) terhadap ketiga kompetensi yang dibutuhkan lulusan akuntansi yakni, kompetensi keahlian teknik dan fungsional, kompetensi keahlian organisasi dan organisasi bisnis, dan atribut kompetens. Perbedaan persepsi tersebut disebabkan oleh berbagai faktor yaitu faktor lingkungan, pengalaman kerja dan sasaran dari persepsi tersebut. Dimana akuntan pendidik (dosen) memiliki persepsi yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa akuntansi.