Pengaruh penambahan octane booster pada kendaraan motor bensin terhadap emisi gas buang
Main Author: | Firza Wahyuri, (NIM. 1011411020) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/2738/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/3/BAB%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/5/BAB%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/7/BAB%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/6/BAB%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/1/BAB%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ubb.ac.id/2738/ |
Daftar Isi:
- Emisi gas buang merupakan gas sisa pembakaran yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Gas buang tersebut merupakan gas beracun yang dapat mengakibatkan pencemaran udara, sehingga bermunculan ide-ide penambahan zat aditif pada bahan bakar untuk mempengaruhi emisi gas buang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan zat aditif jenis octane booster pada bahan bakar pertalite terhadap emisi gas buang. Pengujian dilakukan dengan 4 variasi pencampuran bahan bakar dengan octane booster yaitu (pertalite murni, 4 liter pertalite + 0,5 tablet, 4 liter pertalite + 1 tablet, 4 liter pertalite + 1,5 tablet). Pengujian dilakukan pada putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm. Kemudian akan diukur kadar emisi gas buang CO, HC, CO2, dan O2. Hasil penelitian didapat kadar CO tertinggi 3,16% pada penambahan 1 tablet pada putaran 2500 rpm, CO terendah 0,64% pada pertalite murni pada putaran 1500 rpm, HC tertinggi 229 ppm pada pertalite murni pada putaran 1500 rpm, HC terendah 52 ppm pada penambahan 1,5 tablet pada putaran 2500 rpm, CO2 tertinggi 4,33% pada pertalite murni pada putaran 1500 rpm, CO2 terendah 1,74% pada penambahan 1 tablet pada putaran 2500 rpm, O2 tertinggi 16,42% pada pertalite murni pada putaran 1500 rpm, O2 terendah 11,84% pada penambahan 1 tablet pada putaran 2500 rpm.