Analisis persaingan usaha dan respon konsumen terhadap produk pempek udang di Desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat
Main Author: | Eriza Rismayani, (NIM. 2051411015) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/2486/1/HAL%20DEPAN.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/2/BAB%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/3/BAB%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/4/BAB%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/6/BAB%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ubb.ac.id/2486/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis persaingan usaha dan respon konsumen terhadap produk pempek udang di Desa Belo Laut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang digunakan untuk melihat analisis persaingan usaha pempek udang milik Yuk Sulas dan Yuk Sum. Metode penarikan contoh dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu sebanyak 60 orang dalam menjawab respon konsumen terhadap pempek udang. Data yang diperoleh dari responden diolah menggunakan skala likert dan kemudian dianalisis menggunakan rumus indeks persepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua usaha pempek udang tidak saling bersaing dikarenakan tidak ditemukannya korelasi dari nilai pearson correlation permintaan sebesar 18,3 persen dan penawaran sebesar 7,8 persen. Nilai persepsi konsumen terhadap produk pempek udang adalah baik dengan indeks persepsi 68,22 persen dan tergolong dalam kategori setuju. Terdapat empat faktor yang mempengaruhi permintaan pempek udang yaitu persepsi kesesuaian harga, pendapatan, selera dan jumlah anggota keluarga konsumen dengan niai adjusted R square sebesar 0,426 atau 42,6 persen sedangkan sisanya 57,4 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian