Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pola saluran pemasaran lada putih di Desa Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, (2) mengetahui marjin pemasaran dan keuntungan yang diperoleh dalam melakukan saluran pemasaran lada putih di Desa Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, (3) mendeskripsikan peran pemerintah dalam membenahi saluran pemasaran lada putih di Desa Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2017 sampai bulan september 2017 di Desa Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode penarikan contoh menggunakan metode sampling acak sederhana (simple random sampling), dilakukan pada 30 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) pola saluran pemasaran yang ada di Desa Bakam terdiri dari petani selaku produsen yang melakukan usaha tani lada putih, pedagang pengepul yang ada di Desa Bakam sebanyak 3 orang selaku pedagang yang melakukan jual beli lada putih di Desa Bakam dan pedagang besar yang ada di Kota Pangkal Pinang (2) marjin pemasaran antara petani dan pedagang pengepul di Desa Bakam yaitu sebesar Rp 3000/Kg. Keuntungan yang diterima petani lada putih di Desa Bakam adalah sebesar Rp 35.984.810 dalam satu kali produksi (3) peran pemerintah dalam membenahi saluran pemasaran di Desa Bakam adalah dalam bentuk pemberian bibit, pemberian pupuk, pemberian dalam penyuluhan dan monitoring langsung kepada petani.