Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media sosialisasi pajak berbasis social community cluster terhadap tingkat pemahaman perpajakan pada mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Dalam penelitian ini variabel independen adalah Early Tax Education, Tax Goes To Campus, brosur/leaflet pajak, dan website pajak, dan variabel dependen adalah tingkat pemahaman perpajakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner secara langsung kepada mahasiswa. Jumlah populasi sebanyak 4.327 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini 98 orang mahasiswa sebagai responden dengan menggunakan teknik convenience sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa Early Tax Education berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman perpajakan. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 3,602 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga H1 diterima. Tax Goes To Campus tidak berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman perpajakan. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung -0,948 < t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,346 > 0,05 sehingga H2 ditolak. Brosur/leaflet pajak berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman perpajakan. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 4,097 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H3 diterima. Website pajak berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman perpajakan. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 3,407 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga H4 diterima.