Pengukuran kinerja pada PT Taspen (Persero) Cabang Pangkalpinang dengan menggunakan metode balanced scorecard
Main Author: | Tri Febriana Putri, (NIM. 3011311122) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/1853/1/HAL%20DEPAN.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/2/BAB%20I.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/3/BAB%20II.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/4/BAB%20III.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/6/BAB%20V.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ubb.ac.id/1853/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Balanced Scorecard diterapkan untuk pengukuran kinerja pada PT Taspen (PERSERO) Cabang Pangkalpinang dengan pendekatan ini kinerja perusahaan akan diukur melalui empat perspektif kinerja yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berupa pengumpulan, penyajian dan penganalisaan data yang diperoleh dari studi lapangan, dan didukung oleh teori-teori yang diperoleh dari studi kepustakaan. Berdasarkan analisa data yang telah di dapat dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, maka diperoleh simpulan: (1) perspektif keuangan yaitu ROA (Return on Asset), ROI (Return on Invesment) dan tingkat solvabilitas menunjukkan kinerja keuangan yang kurang baik selama 1 tahun terakhir;(2) Perspektif pelanggan yaitu dalam memperoleh peserta baru menghasilkan angka yang baik dengan didukung kepuasan peserta yang menghasilkan kepuasan selama 3 tahun;(3) Perspektif Bisnis internal yaitu inovasi yang diberikan oleh perusahaan sudah baik menunjukkan kinerja yang baik;(4) Perspektif Pertumbuhan dan pembelajaran yaitu umumnya karyawan merasa cukup puas menunjukkan peningkatan produktivitas karyawan dan tingkat pelatihan karyawan yang terampil setiap tahunnya.