Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas pelayanan, harga, promosi, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada SIAM THAI SPA Pangkalpinang,agar pihak perusahaan lebih mudah mengetahui apa saja yang diinginkan seoarang konsumen dalam melakukan sebuah kunjungan dan melakukan terapi pada SIAM THAI SPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 333 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari kualitas pelayanan, hara, promosi dan lokasi sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisis datamenggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F dan R2. Hasil penelitian variabel independen kualitas pelayanan (X) diperoleh thitung (5,359) > Ttabel(1,967), variabel harga (X2) diperoleh thitung1 (-4,371) < T (1,967), variabel promosi (X3) diperoleh thitung(6,453) > T(1,967), variabel lokasi (X4) diperoleh thitung(2,809) > Ttabel tabel(1,967). Maka variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel harga (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabelkepuasan pelanggan (Y), variabel promosi (X2) berpengaruh secra parsialterhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), dan variabel lokasi (X3) berpengaruhsecara parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) signifikansi adalah 0,000< alpha pada taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel independen (kualitas pelayanan, promosi dan harga) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen (kepuasan pelanggan) secara positif dan signifikan, sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan Adjusted R Square 0,250 atau 25%, yakni berarti variasi variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi, sisanya 75% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian.