Daftar Isi:
  • Arus lalulintas di simpang Tiga Pagarawan cukup padat pada jam puncak terutama arah utara dan selatan, karena arah tersebut sering dilewati kendaraan berat. Banyaknya jumlah kendaraan tersebut dapat menyebabkan terjadinya peningkatan konflik-konflik di daerah persimpangan seperti terjadinya peningkatan panjang antrian, peningkatan kapasitas jalan dan bertambahnya nilai derajatkejenuhan. Penelitian ini untuk mengetahui besar arus jenuh, kinerja simpang (kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan). Waktu survey pagi pukul 06.00-09.00, siang pukul 11.00-14.00, dan sore pukul 15.00-18.00 dengan interval waktu pengamatan dilakukan per 15 menit. Metode perhitungan memakai MKJI 1997. Nilai arus jenuh (S) simpang Tiga Pagarawan diambil nilai tertingi rata-rata pada jam hari kerja yaitu 0,635 smp/jam Tinjauan kinerja simpang Tiga Pagarawan dari penelitian ini diambil data tertinggi rata-rata yang terjadi pada jam puncak yaitu pada hari kerja yaitu pukul 06.00-18.00. Kapasitas tertinggi 2984 kend/jam). Panjang antrian tertinggi (lengan Jl. Pangkalpinang-Sungailit 108,57 m). Jumlah kendaraan terhenti tertinggi (lengan Jl. Pangkalpinang-Sungailiat 498,92 smp/jam). Tundaan tertinggi (lengan Jl. Pangkalpinang-Sungailiat 57,662 detik/smp).