Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi fenomena yang menunjukkan bahwa service quality dan customer experience terhadap customer satisfaction pada Manifesto Pangkalpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji tentang pengaruh service quality dan customer experience terhadap customer satisfaction pada Manifesto Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 170 responden, teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Pada penelitian ini variabel bebasnya yaitu service quality dan customer experience serta variabel terikatnya yaitu customer satisfaction. Metode analisis menggunakan analisis linear berganda dengan uji t, dan uji f dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian pada variabel service quality (X1) diperoleh thitung (8,776) > ttabel (1,9742), variabel customer experience (X2) thitung (8,854) > ttabel (1,9742). Dengan demikia service quality (X1) berpengaruh secara parsial terhadap customer satisfaction (Y), dan customer experience (X2) berpengaruh secara parsial terhadap customer satisfaction (Y). Hasil uji f menunjukan bahwa fhitung (89,750) > ftabel (3,09), sedangkan signifikansi adalah 0,000 < 0,05, yang berarti service quality dan customer experience secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi customer satisfaction. Determinasi (R2) menunjukan bahwa variabel service quality dan customer experience mempengaruhi customer satisfaction. sebesar 0,512 atau 51,2%.