Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan konsumen menginap pada hotel bintang tiga di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian adalah pelanggan yang pernah menginap pada hotel bintang tiga di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah. Teknik pengambilan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode quota sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 180 responden. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari harga, fasilitas dan lokasi, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dengan uji t dan uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas harga, fasilitas dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Seperti hasil dari perhitungan uji F bahwa F-hitung (27,884) > F-tabel (2,66), sedangkan nilai signifikansi (0,000) < (0,05) pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,322 atau 32,2%, maka pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 32,2%. Sedangkan uji t diketahui variabel X1 t-hitung 5,231 > t-tabel 0,1463, X2 t-hitung 2,294 > t-tabel 0,1463 dan X3 t-hitung 2,347 > t-tabel 0,1463 maka dikatakan ketiga variabel ini memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.