Pengaruh kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMA N 1 Sungai Selan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dan siswi di SMA N 1 Sungaiselan mengalami penurunan. Hal ini diduga disebabkan oleh faktor seperti kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendapatkan gambaran pengaruh kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 1 Sungaiselan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 115 dimana sampel yang digunakan adalah siswa dan siswi di SMA N 1 Sungaiselan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari Kompetensi Guru (X1) dan Lingkungan Fisik Sekolah (X2) sedangkan variabel terikat adalah Prestasi Belajar Siswa (Y). Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, uji F, dan koefisiensi determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X1) diperoleh thitung(5,261) > ttabel(1,655), variabel lingkungan fisik sekolah (X2) diperoleh thitung (4,484) > ttabel(1,655). Maka variabel kompetensi guru (X1) dan Lingkungan Fisik Sekolah berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung64,929 > Ftabel(3,08) sedangkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti kompetensi guru (X1) dan Lingkungan Fisik Sekolah (X2) secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi variabel prestasi belaja siswa (Y). Hasil uji koefisiensi determinasi (R2) menunjukkan Adjusted R Square sebesar 0,529 atau 52,9% yang berarti variasi variabel prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah, sisanya 47,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.