Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Tunas Dwipa Matra Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari diferensiasi produk, harga dan lokasi. Sedangkan variabel terikatnya keputusan pembelian produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana sampel yang digunakan adalah sebagian konsumen yang membeli sepeda motor Honda pada PT. Tunas Dwipa Matra Kelapa Kabupaten Bangka Barat yang berjumlah 54 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Incidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengujian kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas diferensiasi produk, harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Seperti dari hasil perhitungan uji F bahwa F hitung (82,043) > F tabel (2,79) dengan angka probabilitas signifikansi sebesar 0,000 > dari alpha pada taraf 5% atau 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,831 atau 83,1%, maka pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 83,1%. Sedangkan uji t diketahui variabel X1 dengan t hitung (2,091) > t tabel (2,076), variabel X2 dengan t hitung (2,258) > t tabel (2,0076), variabel X3 dengan t hitung (2,745)> t tabel (2,076), maka dapat dikatakan kedua variabel ini berpengaruh positif terhadap variabel Y.