Analisis Panjang Perjalanan dan Karakteristik Pengguna Kendaran Bermotor (Studi Kasus Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang)
Main Author: | Muhammad Redo Saputra, (NIM. 1040911064) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubb.ac.id/1062/ |
Daftar Isi:
- Kota Semarang, sebagai kota yang berkembang, mengatasi masalah transportasi, lalu lintas berat dan tidak nyaman seperti kota besar lainnya. Hal ini merupakan hasil dari pembangunan ekonomi masyarakat yang mendorong peningkatan jumlah kepemilikan kendaraan yang mempengaruhi rakyat mobilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa karakteristik sosial ekonomi, menganalisis pola gerakan, dan menganalisis berarti perjalanan panjang dihabiskan oleh pengguna kendaraan di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Dari hasil survey 226 responden diperoleh panjang perjalanan transportasi pengguna yaitu 1 -5 km, pengguna sepeda motor sebanyak 52.6%, dan pengguna mobil pribadi sebanyak 32.4%. Seluruh hasil menunjukkan bahwa berarti perjalanan panjang 7,90 km/orang. Semua analisis membuktikan bahwa penghasilan keluarga mempengaruhi kepemilikan kendaraan, menentukan pemilihan gerakan moda, dan mempengaruhi panjang perjalanan responden sehari-hari.