Analisa Tingkat Kepuasan Penumpang Trans Metro Pekanbaru Menggunakan Metode Fuzzy Logic

Main Authors: Fajrizal, Fajrizal, Van FC, Lucky Lhaura, Lisnawita, Lisnawita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: P3M Politeknik Negeri Bengkalis , 2019
Online Access: http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/ISI/article/view/918
http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/ISI/article/view/918/428
Daftar Isi:
  • Pekanbaru merupakan salah satu kota besar di Provinsi Riau. Pekanbaru dikenal dengan kota madani namun dengan tingkat kepadatan kendaraan yang cukup tinggi dan menyebabkan tingkat kemacetan di Pekanbaru juga semakin tinggi. Sistem Transportasi yang berkelanjuttan merupkan salah satu solusi dalam permasalan transportasi pada saat ini. Angkutan umum sendiri berperan menyediakan sarana mobilitas yg efektif serta efesien bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap layanan jasa yang diberikan oleh Trans Metro Pekanbaru .Dimensi yang terlibat dalam penelitian ini yaitu pertma sarana dan prasarana , kesiapan pegawai ,ketiga ketepatan waktu , keempat biaya dan kemudahan. Untuk mengalisa tingkat kepuasan layanan akan di olah menggunakan metode fuzzy logic dan untuk mengolah data training akan menggunakan aplikasi FIS Editor Toolbox pada perangkat lunka Matlab. Hasil Penelitian membahas analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Trans Metro Pekanbaru (TMP) adalah kategori Puas [5.5].