Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM
Main Authors: | -, Aditya, Marisa, Fitri, Purnomo, Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Widyagama Malang
, 2016
|
Online Access: |
http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs/article/view/408 http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs/article/view/408/399 |
Daftar Isi:
- Kemudahan untuk menjual suatu produk di pasaran menggunakan media internet membuat banyaknya pedagang – pedagang baru bermunculan. Keterbatasan modal menjadi kendala sebagian besar pedagang baru tersebut. Penerapan algoritma apriori untuk mencari produk yang laku di pasaran dapat mengatasi masalah pedagang baru tersebut. Algoritma apriori merupakan salah satu cabang dari data mining, yang berfungsi untuk mencari informasi – informasi dari sebuah kumpulan data. Dalam penelitian ini, hasil algoritma apriori dapat digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran, pengoptimalan penjualan, serta sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penyetokan ulang.