PENGARUH KUALITAS KLAIM LAYANAN JIWA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT ASURANSI BANGUN ASKRIDA CABANG KENDARI

Main Authors: ARWIN, ARWIN, Muryati, Muryati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: BADAN PENERBITAN UNIVERSITAS WIDYAGAMA , 2018
Online Access: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jim/article/view/971
http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jim/article/view/971/840
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas klaim layanan jiwa yang terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsivenees, Assurance dan Empathy terhadap Kepuasan Nasabah. Sebanyak 85 nasabah PT. Asuransi Bangun Askrida Cabang Kendari menjadi sampel yang diambil secara accidental sampling. Setelah dilakukan analisis regresi berganda, maka diperoleh hasil bahwa kualitas klaim layanan jiwa yang terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsivenees, Assurance, dan Empathy berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah, baik secara simultan maupun parsial. Assurance memiliki pengaruh dominan dibandingkan dengan keempat variabel independen lainnya. Hasil ini juga didukung oleh kategori penilaian statistik deskriptif yang rata-rata tinggi.