PENDAMPINGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA KOLASE PADA ANAK AUTIS

Main Author: Puspitaningtyas, Amalia Risqi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Widyagama Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1154
http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1154/957
Daftar Isi:
  • Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan, gangguan pemahaman atau gangguan fungsi otak yang bersifat pervasif, dan bukan suatu bentuk penyakit mental. Gangguan perkembangan fungsi otak yang bersifat pervasive (inco) yaitu meliputi gangguan kognitif (kemampuan), bahasa, perilaku, komunikasi, dan gangguan interaksi sosial. Masalah yang sering terjadi pada anak autis adalah gangguan perkembangan motorik halus. Upaya untuk mencegah peningkatan anak autis dapat dilakukan dengan mengobservasi perkembangan motorik halus.Upaya untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak autis yaitu terapi bermain dan terapi okupasi. Terapi bermain untuk mengembangkan aspek motorik, meningkatkan ketahanan tubuh, memperbaiki sikap tubuh, melepaskan energi anak yang berlebihan, dan meningkatkan interaksi sosial, sedangkan terapi okupasi lebih berfokus pada kemampuan yang masih ada pada diri seseorang sehingga tujuan membetuk seseorang agar mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Pada kegiatan ini dalam meningkatkan kemapuan motorik halus anak autis dengan menggunakan media kolase untuk melatih konsentrasi, melatih memecahkan masalah, meningkatkan kreativitas, serta pengenalan bentuk dan warna.Kegiatan PKM ini dilakukan pada Lembaga Sekolah Dasar di Kec.Panarukan yaitu di SDN 4 Kilensari sebagai mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan guru pendamping anak berkebutuhan khusus , khususnya anak autis untuk bisa melatih kemampuan motorik halusnya.